MASIGNCLEAN103

Percakapan Tentang Kesehatan Dalam Bahasa Arab Bagian 2



Percakapan Kedua ( الحِوَارُ الثَّانِيُّ )
. السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
المُدَرِّسُ
Assalamu'alaikum wa rahmatullahi
wa barakatuh.
Guru
. وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الطَّالِبُ
Wa'alaikumussalam wa rahmatullahi
wa barakatuh.
Murid
لِمَاذَا تَغَيَّبْتَ عَنِ الدِّرَاسَةِ ؟
المُدَرِّسُ
Kenapa kamu absen dari pelajaran?
Guru
. أُصِبْتُ بِزُكْامٍ شَدِيْدٍ
الطَّالِبُ
Aku terkena flu berat.
Murid
بِمَ شَعَرْتَ ؟
المُدَرِّسُ
Apa yang kamu rasakan?
Guru
، شَعَرْتُ بِصُدَاعٍ شَدِيْدٍ فِي اللَّيْلِ
. وَارْتَفَعَتْ دَرَجَةُ حَرَارَتِي
الطَّالِبُ
Aku merasakan pusing sekali di malam hari,
dan suhu tubuhku meningkat.
Murid
هَلْ قَابَلْتَ الطَّبِيْبَ ؟
المُدَرِّسُ
Apakah kamu sudah menemui dokter?
Guru
، نَعَمْ ، ذَهَبْتُ إِلَى المُسْتَشْفَى بِالإِسْعَافِ
. وَقَابَلْتُ الطَّبِيْبَ
الطَّالِبُ
Iya, aku berangkat ke rumah sakit
dengan mobil ambulan,
dan aku telah menemui dokter.
Murid
وَبِمَ نَصَحَكَ الطَّبِيْبُ ؟
المُدَرِّسُ
Dengan apa dokter menasehatimu?
Guru
، نَصَحَنِي بِالرَّاحَةِ وَتَنَاوُلِ الدَّوَاءِ
. وَهَذَا هُوَ التَّقْرِيْرُ الطِبِّي
الطَّالِبُ
Ia menganjurkanku untuk istirahat
dan minum obat,
dan ini dia surat keterangan (sakitku).
Murid
شُكْرًا لَكَ ، وَبِمَ تَشْعُرُ الآنَ ؟
المُدَرِّسُ
Terima kasih untukmu,
dan apa yang kamu rasakan sekarang?
Guru
. الحَمْدُ ِللهِ ، أَنَا بِخَيْرٍ
الطَّالِبُ
Alhamdulillah, aku (sekarang) sudah baik.
Murid
Ket: Percakapan antara seorang guru dan muridnya yang absen dari pelajaran karena sakit.
Share This :